Kamis, 04 Desember 2008

MANFAAT PIJAT

Memijat berarti memberikan rangsangan sensorik yang akan menimbulkan rangsangan taktil (berkaitan dengan sentuhan dan rabaan). Rangsangan ini akan memberikan efek-efek yang baik, diantaranya pemijitan untuk bayi maka bayi akan menjadi lebih alert alias tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi, sehingga terlihat lebih lincah/ lebih aktif. Ia pun jarang menangis karena bisa tidur lebih nyenyak dan lama.

Pijatan jugamembantu memperbaiki peredaran darah bayi dan menambah energi, karena suplai oksigen akan lebih banyak dikirim ke otak maupun ke seluruh tubuh sehingga otot-otot tubuh akan mengalami relaksasi.

Bayi yang banyak memperoleh sentuhan, khususnya dari ibu jarang mengalami simptom hospitalismus, yaitu gangguan yang sering dialami anak-anak yang tinggal di panti asuhan, seperti radang telinga tengah, campak, gangguan usus dan sebagainya.

Terapi pijit yang dilakukan secara rutin bisa mengurangi depresi dan kecemasan. Tak perlu dilakukan terlalu lama cukup 15 menit, maka aktivitas neurotransmitter serotonin akan meningkatkan kapasitas sel reseptor yang mengikat adrenalin.

Kondisi emosional dan intraksi sosial bayi-bayi yang memperoleh terapi pijit bisa menurunkan kadar hormon-hormon cortisol, nerepinephirne yang terkait dengan menurunnya tingkat stres. Dengan kata lain, pijit juga membantu meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang dirasakan bayi saat kolik atau tumbuh gigi.

Pijatan diyakini mampu meningkatkan aktivitas saraf otonom, yakni saraf-saraf yang antara lain bertanggung jawab atas kelangsungan kerja otot polos, misal ; otot-otot di usus. Saraf otonom inilah yang merangsang pelepasan hormon-hormon yang membantu penyerapan makanan. Secara tidak langsung pijit membantu memperbaiki sistem pencernaan.

Lewat pijit, relasi orangtua dan bayi akan terbangun. Dengan memijit bayinya, orangtua amat terbantu dalam memahami bahasa nonverbal bayinya. Pijit memberi rasa aman pada bayi karena bayi merasakan adanya kedekatan hubungan batin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar